Muqaddimah

Alhamdulillah Syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita hambaNya berbagai kenikmatan yang mustahil dapat dihitung jumlahnya. Shalawat dan Salam Atas Nabi Muhammad SAW, semoga kita diakui menjadi ummatnya dan mendapat syafa'at di hari kiamat insyaAllah. Inilah sisi lain dari Jihad, jihad yang digambarkan Al Quran dengan dua cara "Bil-Amwal" dan "Bil-Anfus". Mendedikasikan Waktu, tenaga, pikiran dan perasaan untuk menjalankan Dakwah dan Tarbiyah Islamiyah adalah bagian penting dari proses "Jihad" itu sendiri. Semoga Allah Meridho'i Niat dan Amal Perbuatan kita, tetap Istiqomah, Amanah seraya tidak melupakan Muhasabah di setiap detik dan kesempatan.
(Untuk Pendamping hidupku :Farida Shafwatun Nisa, dan Ketiga Permata hatiku :Faiq Afiful Azam, Wafa Zirwatul Husna & Wifa Zaniratul Haura)

Senin, 02 Februari 2015


Cara mudah menuliskan rekaman audio atau video ke dalam teks

Posting ini bertujuan untuk menyajikan langkah demi langkah tutorial tentang cara untuk menuliskan rekaman audio atau video ke dalam teks paling efektif.

Masalahnya adalah sederhana: perlu mengubah fokus bolak-balik antara Program 1, seperti pengolah kata atau editor yang Anda mungkin menggunakan untuk memasukkan teks, dan program 2, media player yang mungkin menggunakan gunakan untuk memutar audio atau video. Menyalin, seperti yang saya tahu, melibatkan banyak berhenti, back up, mengetik, dan kemudian mengulangi lagi dan lagi dan lagi.

Masalah ini dapat diselesaikan sehingga berpindah bolak-balik dilakukan melalui hotkeys tanpa mengambil jari Anda dari keyboard, pengalaman efisien. Cara mudah untuk pause, back-up, dan jenisnya, semua melalui shortcut keyboard. Ini mungkin tampak seperti intervensi yang sangat sederhana, tapi setelah menggunakan proses ini sendiri, Anda akan senang, dan jauh lebih efisien.
Kita akan membahas dua cara untuk melakukan hal ini (menggunakan perangkat lunak bebas):

Cara #1: Menggunakan Listen n’ Write (Windows)

Program ini akan memutar file media Anda, menyediakan area mengedit teks di bawah, dan menggunakan cara pintas keyboard untuk play, jeda, melompat maju atau mundur untuk beberapa detik (user ditentukan).
Listen N Write Screenshot1
Cara pintas keyboard standar adalah: F5 (jeda / putar), F6 (kembali), dan F7 (maju). Versi ini diuji tidak menawarkan pilihan untuk mengubah ini untuk tombol lain, tetapi mereka bekerja cukup baik. Apa yang dapat Anda ubah adalah jumlah detik yang secara otomatis ketika Anda berhenti dan kemudian tekan play, dan jumlah detik itu melompat ketika Anda mengklik kembali atau maju.

Salah satu fitur menarik adalah 'Smart Pause N Play', yang Anda dapat mengaktifkan dari menu pilihan. Hal ini menyebabkan play untuk memainkan beberapa detik audio, berhenti selama beberapa detik, dan kemudian melanjutkan lagi. Kedua jumlah detik audio dan jumlah detik selama jeda dapat didefinisikan oleh pengguna. Akhirnya, teks dapat disimpan sebagai .TXT atau .RTF (yang dapat dibuka di MS Word).
Catatan akhir: jika program ini tidak membuka file media yang Anda miliki, instal paket codec yang gratis pada sistem Windows Anda (seperti K-Lite codec pack atau CCCP Codec Pack).

Keuntungan:
  • Fakta bahwa itu secara otomatis punggung sedikit ketika Anda melanjutkan jeda (sangat berguna)
  • ‘Smart Pause N Play’ sangat berguna
  • Sebuah versi portabel tersedia, bahwa Anda dapat mengekstrak dan menggunakan dan tidak perlu menginstal..

Cara #2: Menggunakan PotPlayer atau media player lain yang supports system wide Hotkeys


Ini adalah media player gratis untuk Windows yang
  • Terjadi untuk memutar semua format file tunggal media pada bumi tanpa pengguna harus menginstal codec pada sistem mereka, dan 
  • Dapat dikontrol melalui hotkeys seluruh sistem (atau hotkeys global ). Ini berarti bahwa pengguna dapat mengontrol pemutaran media mereka di mana pun Anda berada atau app dalam fokus, memberikan kontrol pengguna melalui bermain, berhenti, beringsut mundur atau maju beberapa detik, dll tanpa harus beralih fokus dari aplikasi lainnya yang digunakan untuk mengetik.

Perhatikan bahwa Anda akan memerlukan pengolah kata atau editor teks. Jika Anda ingin pengolah kata gratis yang baik disarankan LibreOffice.

Pemutar media lain yang mendukung global hotkeys: VLC media player dan Splayer.

Step by step instruksi (PotPlayer):
Step1:
Download dan install PotPlayer here. Default instalasi dan pengaturan output audio harus baik-baik. Ini mungkin menyarankan agar Anda memperbarui DirectX ke versi yang lebih baru, ini adalah opsional, tetapi dianjurkan jika Anda tidak terlalu banyak terburu-buru.
Step2:
Set up PotPlayer keyboard shortcuts:

Luncurkan program, klik kanan pada preferensi antarmuka utama (atau cukup tekan F5), kemudian, di sidebar kiri, arahkan ke General dan klik 'Shortcuts'. Layar akan tampak seperti gambar di bawah. Selanjutnya klik tombol "Add" untuk menambahkan shortcut.

PotPlayer Preferences1a
Selanjutnya, layar ini, melakukan tiga hal
(1) check “Focus setiap window (global) mungkin control”,
(2) click focus “Shortcuts” kemudan tekan (Ctrl+Down), dan
(3) scroll kebawah ke “Playback” dan sorot “Play/pause”. Kemudian klik “OK”.

PotPlayer Preferences2a
Berikutnya buat shortcut lain, sama dengan diatas, tapi gunakan “Ctrl+Left” untuk shortcut dan scroll kebawah ke “Jump (to)” kemudian “5 Sec Backward”. Lalu klik “OK” lihat screenshot dibawah.
PotPlayer Preferences3a
Buat shortcut terakhir. Gunakan “Ctrl+Right”, scroll ke “Jump (to)” lalu “5 Sec Forward”. Kemudian “OK” lihat screenshot dibawah.
PotPlayer Preferences4a
Shortcut baru Anda akan terlihat seperti dibawah.Jika sudah klik  “OK” Jika ada masalah silahkan klik “Modify” untuk mengeditnya.
PotPlayer Preferences5a

Catatan:
  • Pemilihan keyboard shortcut (Ctrl + bawah / kiri / kanan) adalah masalah preferensi. Jika Anda lebih suka hotkeys keyboard yang lain maka dengan segala cara menggunakan yang Anda suka.
  • Dalam kesempatan off ada konflik shortcut keyboard dengan program lain atau program pengolah kata sendiri yang Anda gunakan, coba hotkeys lainnya (misalnya Ctrl + Shift + bawah / kiri / kanan).
Step3: display settings
Langkah ini hanya berlaku jika Anda Anda juga menyalin lokasi timestamp teks saat Anda mengetik, dalam hal ini Anda ingin selalu memiliki timestamp terlihat di layar.
  • Mulai memutar audio atau video file, Anda hanya dapat drag dan drop file ke antarmuka PotPlayer untuk melakukannya.
  • Tekan "CTRL + T" untuk beralih "Di atas / Di atas saat bermain / Jangan di atas", sesuai preferensi Anda.
  • Tekan "Scroll Lock" untuk beralih menampilkan informasi waktu lebih menonjol di atas layar (yang dapat menjadi bantuan besar). Jika Anda tidak dapat dengan mudah menemukan "scroll lock" pada keyboard Anda dapat beralih pengaturan ini dengan mengklik kanan antarmuka, kemudian "Options", kemudian memeriksa "OSD: Show Time" entri.
Step4: Mulai proses transkrip
  • Peluncuran prosesor kata, editor teks, atau apa pun yang akan Anda gunakan untuk mengetik
  • Tekan "Ctrl + down" untuk memulai dan menghentikan pemutaran media file pada setiap saat
  • Mulai menyalin
  • Tekan "Ctrl + kiri" untuk membuat cadangan 5 detik
  • Tekan "Ctrl + benar" untuk melanjutkan 5 detik
Keuntungan: Keindahan system ini:
  1. Ia bekerja. Sekarang Anda akan dapat menjaga jari-jari Anda pada keyboard DAN start, stop, dan bergerak mundur atau maju tanpa pernah meninggalkan atau beralih dari editor teks atau pengolah kata.
  2. Program yang digunakan di sini akan bekerja untuk audio dan video, dan akan memainkan hampir semua format media yang Anda butuhkan untuk bermain, termasuk format camcorder yang aneh dan tidak jelas bahwa pemain lain mungkin tidak bermain.

Program lain yang disebutkan, disebut ‘VisualSubSync‘. Meskipun memberikan pandangan gelombang bagus dan editor teks di bagian bawah, ia dirancang sebagai aplikasi subtitling untuk video, dan tidak menawarkan hotkeys keyboard berhenti dan akan kembali, jadi kami tidak fitur di atas.

Sumber dan gambar freewaregenius.com
Cara mudah menuliskan rekaman audio atau video ke dalam teks


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...